Uncategorized

Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies) Universitas Udayana Masuk Index Scopus

Tak percaya rasanya, tapi nyata bahwa Jurnal Kajian Bali diterima untuk diindeks oleh Scopus, lembaga pengindeks jurnal bereputasi internasional. Klick Link Scopus Accepted.

Pengajuan ke scopus dilakukan 27 September dan di-accepted 9 Desember 2023. Ada tujuh tahap dari awal sampai akhir, yang memakan waktu cukup cepat, sekitar 2,5 bulan. Tak percaya rasanya, tapi nyata adanya. Jurnal Kajian Bali terdaftar pada Scopus Accepted Title December 2023 pada nomor 31, klick List Scopus January 2024.

Memang masih ada urusan administrasi yang perlu kami lakukan untuk membuat Jurnal Kajian Bali sampai muncul di web Scopus. Semoga waktu 1-3 bulan bisa efektif untuk itu.

 Jurnal Kajian Bali atau Journal of Bali Studies diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kebudayaan yang diketuai Prof. I Nyoman Darma Putra dan Pusat Unggulan Pariwisata Unud yang diketuai oleh Dr. AAPA Suryawan Wiranatha, M.SC., Ph.D.

Kedua pusat ini bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unud.

Jurnal Kajian Bali terbit pertama tahun 2011 di bawah Pusat Kajian Bali. Setelah Pusat Kajian Bali dilebur, penerbit berubah menjadi Puslit Kebudayaan. Tak lama kemudian, Jurnal Kajian Bali mendapat dukungan dan mendukung kinerja Pusat Unggulan Pariwisata Unud.

Edisi pertama, sampul lukisan Made Kaek.

Jurnal Kajian Bali dirintis dan dieditori sejak awal sampai sekarang oleh I Nyoman Darma Putra, M.Litt., pernah menjabat Ketua Prodi S2 Kajian Pariwisata, kini sebagai Ketua Prodi S3 Kajian Budaya, keduanya di Unud. Saat menjabat Ketua Prodi S2 Kajian Pariwisata, Darma Putra juga melahirkan dan mengelola jurnal JUMPA (Jurnal Master Pariwisata), terakreditasi Sinta-3.

Desain sampul kedua jurnal pun dibuat mirip, Jurnal Kajian Bali menggunakan lukisan, JUMPA menggunakan foto. Awalnya fotonya berganti setiap edisi, belakangan terus memakai foto barong (foto karya Darma Putra).

Edisi pertama Jumpa (kiri) dan edisi lainnya, cover didesain sama dengan Jurnal Kajian Bali.

Mempublikasikan Riset tentang Bali

Ketika terbit pertama, Jurnal Kajian Bali bertujuan untuk mempublikasikan hasil riset tentang Bali, baik sarjana Unud maupun lainnya. Dari sana, diharapkan Pusat Kajian Bali bisa hadir memberikan sumbangan dalam aktivitas riset dan publikasi tentang Bali.

“Waktu itu, kebutuhan akan publikasi artikel dan akreditasi belum seperti sekarang. Istilah scopus belum lumrah saat itu,” ujar Prof. Darma.

Dalam akreditasi pertama, Jurnal Kajian Bali mendapat akreditasi LIPI tingkat B, setara dengan Sinta 2. Saat itu, proses akreditasi dikawal oleh Prof. I Ketut Ardhana, M.Phil., PhD., yang saat itu menjadi Ketua Pusat Kajian Bali. 

Dalam akreditasi berikutnya dari Dikti, Jurnal Kajian Bali tiga kali berturut yaitu 2015–2019, 2019–2023, 2022–2027 mendapat ranking Sinta-2. Akreditasi ini berlaku sampai tahun 2027. Proses akreditasi selalu dikawal pemimpin redaksi I Nyoman Darma Putra.

Sertifikat akreditasi, 2022-2027.
Sertifikat akreditasi, 2019-2023
Sertifikat akreditasi 2015-2019

Dalam perkembangannya, Jurnal Kajian Bali mendapat pembinaan dari Jurnal Unud dan Publikasi Ilmiah (JUPI), sebagai induk jurnal-jurnal di Unud. Pembinaan penting dan reguler juga selalu diberikan oleh Dikti.

Pimpinan Redaksi Jurnal Kajian Bali , I Nyoman Darma Putra (kanan) saat pelatihan JUPI

Dalam pengajuan ke scopus, Jurnal Kajian Bali mendapat tuntunan dari Yoris Adi Maretta, M.Pd., dari UNESS, yang difasilitasi oleh JUPI. Untuk itu, Jurnal Kajian Bali menyampaikan terima kasih kepada JUPI dan Mas Yorris, serta Komang Juniarta, S.T., staf tenaga kependidikan bagian akademik FIB Unud yang menjadi IT manager untuk Jurnal Kajian Bali.

Terima kasih juga disampaikan kepada I Gusti Bagus Arya Yudiastina, Unud, yang menangani lay out Jurnal Kajian Bali.

Terima kasih juga disampaikan kepada penasehat, editor, kontributor, reviewer, dan para penulis yang mempercayakan Jurnal Kajian Bali sebagai media untuk mempublikasikan hasil risetnya.

Jurnal Kajian Bali juga berhutang budi kepada para sarjana internasional yang mengadakan riset tentang Bali. Mereka sudi membantu dengan mengirimkan artikel dan juga menjadi reviewer.

Pada tempatnya Jurnal Kajian Bali mengucapkan terima kasih kepada Mark Hobart (University of London, Adrian Vickers (University of Sydney, Australia), Andrea Acri, (École Pratique des Hautes Études, EPHE, PSL University, Paris, France); 

Michael Hitchcock  Goldsmiths University of London), UK Graeme MacRae (Massey University, New Zealand), Jessica Hemmings (University of Gothenburg, Gothenburg, Sweden), Richard Fox (University of Victoria, Victoria, BC, Canada);

Bart Verheijen (Universiteit Leidendisabled, Leiden, Netherlands), dan Wayan Jarrah Sastrawan (University of Sydney, Australia).

Dalam setiap terbit sejak nomor perdana, Jurnal Kajian Bali menggunakan lukisan Bali untuk ilustrasi sampul depan. Para pelukis yang sudah berkali mengizinkan lukisannya dipakai adalah I Made Kaek, Agung Mangu, Rabet M.S., Ida Bagus Indra, Nyoman Erawan, Made Gunawan, I Wayan Januariawan, Nyoman Wirata, Kuhn Adnyana, dan lain-lain (*).

Leave a comment